Tips menghindari mata lelah didepan komputer


Beraktivitas dengan komputer saat ini sudah tidak bisa dihindarkan lagi, hampir segala sesuatunya membutuhkan komputer, mulai dari membuat tugas dari dosen, menyelesaikan pekerjaan dikantor samapi bermain games pun menggunakan komputer, jadi kalau masih ada orang yang sampai saat ini tidak bisa mengoperasikan komputer bisa disebut GAPTEK, he..he…he…., ketika kita berinteraksi dengan komputer dalam waktu singkat mungkin kita tidak merasakan capek, lelah atau pegal, nah bagi kita yang berjam-jam selalu berinteraksi didepan komputer pasti merasakan yang namanya capek, lelah ataupun pegal. untuk menghindari hal-hal tersebut, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menghindari hal-hal tersebut :
  1. Jaga jarak pandang mata dengan monitor
     

    Jangan terlalu dekat dengan monitor karena akan membahayakan bagi mata kita, jagalah jarak pandang mata kita, Jarak yang disarankan adalah sekitar 20-40 inchi (50-100cm) dari dari monitor ke mata.
    Jika kita kesulitan dalam membaca ketika kita berada pada jarak 20 inchi, cobalah untuk memperbesar tampilan dan font sehingga kita bisa merasa nyaman.
  2. Beralihlah dari monitor tabung (CRT) ke monitor LCD

    Monitor tabung (CRT) akan memberi efek yang lebih buruk dibandingkan dengan monitor LCD, selain energi yang dibutuhkan juga lebih besar. Tetapi mungkin yang jadikendala kita adalah harga monitor LCD lebih mahal dibanding monitor tabung. Tetapi apabila kita belum bisa mengganti monitor kita ke monitor LCD, sebaiknya kita membeli filter anti-radiasi kemudian kita pasang pada layar monitor tabung kita, hal ini aka sedikit mengurangi rasa nyeri pada mata kita.
  3. Aturlah settingan monitor kita

    Hampir semua monitor saat ini sudah menyediakan pre-set display mode, untuk memudahkan kita di dalam mengganti setting layar. Pre-set setting ini akan memberi level brightnes yang berbeda, untuk menyesuaikan kondisi penggunaan monitor. lebih baik fasilitas ini kita gunakan.
  4. Gunakan kacamata anti radiasi

    M
    emang hal ini akan membutuhkan biaya yang relatif lebih mahal, namun ada baiknya kita sisihkan uang kita untuk membeli kacamata anti-radiasi. Karena lapisan anti-radiasi pada kacamata ini akan mengurangi efek nyeri pada mata kita akibat dari radiasi cahaya berlebih. Selain bisa dibawa kemanapun, kacamata ini tak hanya berguna saat kita bekerja di depan monitor, namun juga melindungi mata dari cahaya lampu mobil, radiasi TV, dan sebagainya.
  5. Istirahatkan lah mata kita sejenak namun secara berkala

    Hal yang paling mudah untuk menghindari mata lelah akibat radiasi monitor yaitu dengan  mengistirahatkannya walupun hanya sejenak tetapi secara berkala. Cobalah untuk mengistirahatkan mata kita kurang lebih 5-10 menit setiap satu jamnya. Kita dapat menggunakan waktu tersebut untuk jalan-jalan, melihat pemandangan yang sejuk ataupun dengan mencuci muka, yang menting jangan didepan monito.

    Itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menghindari mata lelah didepan komputer.
    Semoga bermanfaat ….

About erosjayacomputer

belajar, belajar dan belajar
This entry was posted in akibat radiasi monitor, mata lelah, tips supaya betah didepan komputer. Bookmark the permalink.

2 Responses to Tips menghindari mata lelah didepan komputer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s