Cara mengatasi perintah menekan tombol F1 saat booting

Pernahkah sobat-sobat mengalami hal yang saya alami?,ato saat ini sobat sedang mengalaminya, apakah itu???
Iya betul, yang saya alami yaitu ketika saya menghidupkan komputer dan lagi booting kok tiba-tiba ada perintah menekan tombol F1 untuk melanjutkan booting, padahal dulu normal dan langsung bisa booting dan masuk ke windows. Pasti ada apa-apa dengan komputer saya ini, berikut hal hal yang saya lakukan untuk mengatasi permasalahan diatas:
  1. Komputer saya restart terus saya tekan tombol delete, karena mau menuju ke pengaturan bios
  2. Settingan bios saya atur yaitu pada settingan bootingnya : first boot saya ganti CD/DVD ROM, Second boot nya saya ganti Harddisk dan Third boot nya saya ganti floppy, kemudian sattingan bios saya simpan.
  3. Saya perhatikan sudah tidal lagi disuruh menekan tombol F1, berarti permasalahn sudah selesai. komputer saya matikan, kemudian beberapa saat kemudian karena ingin menggunakan komputer, maka komputer saya hidupkan, lhoh kok muncul pesan suruh menekan F1 lagi, wah gak beres nih.

    sambil saya pikir dan saya perhatiin ternyata jam dikomputer saya juga tidak sesuai dengan jam dirumah, dikomputer jam 12 sedangkan jam dirumah jam 14.30, padahal jam yang jelas-jelas benar adalah jam dirumah. tanpa pusing-pusing saya cocokkan aja jam dikomputer dengan jam dirumah. komputer saya matikan lagi karena sudah tidak digunakan. beberapa saat kemudian komputer saya hidupkan lagi dalam keadaan yang sama yaitu harus MENEKAN TOMBOL F1 untuk melanjutkan booting, setelah booting selesai dan sudah masuk ke windows langsung saya lihat jam dikomputer, lhoh kok jamnya gak mau update, wah gak beres lagi nih, saya berfikir apa ada hubungannya ya antara JAM YANG TIDAK BISA UPDATE dan  harus MENEKAN TOMBOL F1 SETIAP MAU BOOTING???

  4. Pikiran saya langsung tertuju pada baterai komputernya atau baterai CMOS, karena pengalaman dirumah, jam tangan maupun jam dinding kalau mati atau tidak cocok biasanya baterainya habis dan minta ganti.
  5. Matikan komputer dan ganti Baerai CMOS nya dengan yang masih normal atau yang baru.
  6. Permasalahan JAM YANG TIDAK BISA UPDATE dan  harus MENEKAN TOMBOL F1 SETIAP MAU BOOTING teratasi dan komputer kembali normal.
  7. Jika langkah-langkah diatas belum bisa menyelesaikan permasalahan yang sobat alami cobalah cek harddisknya mungkin sudah usang atau kondisinya sudah tidak bagus.

About erosjayacomputer

belajar, belajar dan belajar
This entry was posted in Baterai CMOS, Harus Tekan tombol F1 booting. Harus Tekan tombol F1 saat menghidupkan komputer, Tekan F1 saat booting, tombol F1. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

