Pesan error pada printer Canon ip 1980

Waktu mau mencetak modul KKPI buat siswa saya kelas XI menggunakan printer ip1980 di laboratorium komputer tiba-tiba ada pesan printer “the ink absorber is full” seperti dibawah ini
https://encrypted-tbn2.google.com/images?q=tbn:ANd9GcSElwrGkKPNu5yyw8EYb89aZmekTt3FDKGoaRPeolxw55NGKs6D3w 
atau kalau diterjemahkan dalam bahasa indonesia artinya “penyerap tinta penuh”,haaa…..,gmn nih???,saya bilang pada diri saya sendiri “tetap tenang karena sesuatu yang terburu-buru dan kepanikan tidak akan menyelesaiakan masalah,apalagi sayakan tipe orang yang selalu  tenang dalam menyikapi segala hal,he..he…he….,dalam keadaan tetap tenang,saya melakukan cara-cara sebagai berikut:
cara 1:
1. saya matikan printer kemudian saya hidupkan lagi
2. saya coba untuk test print,eee….belum bis
cara ke 2:
1. saya matikan printer kemudian
2. saya cabut kabel powernya
3. saya coba untuk test print,eee….belum bisa juga
cara ke 3:
1. saya matikan printer kemudian
2. saya cabut kabel powernya sambil saya tekan tombol powernya kurang lebih 5 detik, kemudian
3. saya tancapkan kembali kabel powernya ke printer sambil menekan tombol power
4. printer saya matikan kemudian sayahidupkan lagi
5. saya coba untuk test print,eee…. 
AKHIRNYA BERHASIL

About erosjayacomputer

belajar, belajar dan belajar
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

